Marhaban Ya Ramadhan - Mempersiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bratapos.com


Marhaban Ya Ramadhan (Selamat Datang Ramadan) ^^, tidak terasa ya sahabat kita sudah mau mulai menjalankan ibadah puasa. Kira-kira sahabat tahu tidak kenapa kita sebagai umat muslim ketika bulan Ramadan datang, kita selalu menyambutnya dengan ucapan Marhaban Ya Ramadhan? Iya benar sahabat, karena Bulan Ramadhan itu adalah bulan yang sangat istimewa bagi kita. Dikutip dari buku Ramadhan Sepanjang Masa karangan Dr.H.Ahmad Salim (28-30) diambil beberapa gelar yang Agung untuk bulan Ramadhan diantarannya yaitu : 
  • Syahrullah, karena pahala shaum disandarkan Allah kepada diri-Nya dan Dia-lah yang akan memberi pahala secara khusus.
  • Syahrul Quran, bulan yang di dalamnya diturunkan al Quran
  • Syahrush Shiam, bulan yang didalamnya diwajibkan shaum sebulan penuh
  • Syahrul Ibadah, bulan yang ibadah-ibadah khusus diadakan, padatkan dan diberi pahala yang berlipat ganda
  • Syahrul Tilawah, bulan yang didalamnya al Quran banyak dibaca
  • Syahrul Maghfirah, bulan yang didalamnya Allah janjikan ampunan bagi siapa saja yang bershaum dengan dasar iman dan ihtishab 
  • Syahrul 'Id, bulan untuk kembali kepada kesucian 
  • Syahrush Shobri, bulan yang merupakan pembinaan kesabaran
  • Syahrul Jud, bulan keihlasan untuk memperbanyak bermurah tangan memberi bantuan kepada fakir dan miskin
  • Syahrul Rahmah, bulan saat Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya
  • Syahrul Huda, bulan yang didalamnya Allah menurunkan al-Quran sebagai petunjuk hidup,
  • Syahrus Salam, bulan dimana manusia diselamatkan dari kebinasaan dengan jalan masing-masing menahan diri dari perbuatan makar dan ma'siyat 
  • Syahrul Furqan, bulan yang didalamnya ada hari Furqon yaitu hari ketika terjadi pertempuran Badar yang merupakan puncak Furqannya antara haq dan bathil. 
  • Syahrul Fath, bulan kemenangan karena di bulan Ramadhan Allah memenangkan ummat Islam pada perang Badar, perang Hunain,Perang Mu'tah, bahkan Futuhatul Makkiyah yaitu ditaklukannya kota Makkah.

Dengan melihat beberapa gelar agung di atas kita tahu betapa istimewannya bulan Ramadhan bagi umat muslim. Salah satunya yaitu sebagai bulan Syahrus Salam yaitu bulan ramadhan sebagai bulan dimana manusia diselamatkan dari kebinasaan dengan syarat kita menahan diri dari perbuatan makar atau menentang ajaran Allah dan rasulNYA serta maksiat. Semoga juga dengan puasa dan ibadah yang dilakukan di bulan ramadhan ini, Allah berkenan menghilangkan wabah korona yang sedang kita rasakan saat ini. 
Berikut merupakan jadwal imsakiyah daerah Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020:


                                                     Tomatalikuang.com                                             


Bulan yang istimewa ini tentu harus disambut pula dengan berbagai keistimewaan yang ada dari diri kita. Maka berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini yaitu:
  • Iman, yaitu keyakinan yang ada di dalam hati, diucapkan dengan lisan dan dipraktekkan dengan perbuatan. Dengan melakukan puasa ramadhan merupakan salah satu bentuk keimanan kita kepada Allah. Dimana selain puasa, kita juga melakukan ibadah yang biasa kita lakukan dengan lebih baik atau ditingkatkan kualitasnya dengan didasari dengan jiwa yang berserah diri, mengagungkan dan tunduk kepada syariat dan ketentuan kita kepada Allah.  
  • Ihtisab, menurut bahasa adalah hitungan, koreksi, penilaian, mengira-ngira, menduga-duga. Sedangkan menurut istilah adalah memperhitungkan, merencanakan dengan teliti. Hubungan Ihtisab dengan bulan Ramadhan yaitu sahabat harus mulai merencanakan amal-amal shaleh apa yang dilakukan dan ibadah apa saja yang ingin ditingkatkan, sehingga perencanaan itu penting dengan melakukan pencatatan sehingga sahabat akan tahu bagaimana perkembangan kualitas ibadah di bulan ramadhan tahun ini. Serta tidak lupa pula untuk membayar zakat fitrah karena dapat diketahui bahwa Zakat fitrah itu merupakan penyempurna Amal shaum kita Yang wajib dibayarkan, seperti sabda Rasul berikut. "Puasa bulan Ramadhan digantungkan antara langit dan bumi, dan tidak akan diterima (dengan sempurna oleh Allah swt) kecuali dengan zakat fitrah". (HR. Ad-dailami dalam musnad Al firdaus. No. 901).
Sekian dulu postingan untuk hari ini ya sahabat. Bagaimana apakah sahabat sudah siap untuk menyambut bulan ramadhan yang istimewa? pastinya sudah ya. Penulis meminta maaf lahir dan batin apabila punya kesalahan ke para sahabat. Semoga kita dilancarkan dalam beribadah di bulan puasa ini dan mendapatkan ampunan dan keridhoan dari Allah SWT, amin.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Guru Menjadi Seorang Content Creator - Guru Dapat Mengajar Menggunakan Aplikasi Belajar Kahoot

Do Everything, Before You Are Ready ^^